Kamis, 05 September 2013

6 Daftar jurusan alternatif namun menjanjikan di saat kerja

Halo agan/sista, kali ini ane posting hal yang sangat tidak bermanfaat tentang daftar pekerjaan yang banyak dianggap tabu oleh sebagian orang padahal menyimpan masa depan yang cukup menjanjikan bila kita mau fokus untuk menggelutinya.
Oke di postingan 6 Daftar pekerjaan tabu namun menjanjikan ini ! ane mau sedikit kasih tips atau tepatnya info buat para pelajar / siswa-siswa smu/sma yang baru lulus tapi masih bingung buat menentukan pilihan yang itu-itu aja di jurusan kuliah (contoh: manajemen informatika, TI, sekertaris, desain grafis) kalo pada saat lulus nanti sulit mencari kerja karena lulusan tersebut melebihi kuota lowongan yang ada, bidang apa sih yang tepat buat diri gue yang sangat bingung dan bimbang ini ? hadeh lebay !!! . sekarang ane mau kasih alternatif jurusan kuliah yang menyenangkan dan menjanjikan pekerjaan dan peraturan yang cukup berbeda dari pekerjaan formal lainnya di saat telah lulus nanti. Enjoy reading bro !!

6. Broadcasting (jurnalism)

Jurusan yang fokus dalam bidang penyiaran dan jurnalisme (Penulisan Naskah, Televisi, Radio, Fotografi), kenapa ane tulis penulis naskah di daftar pertama jurusan broadcasting, karena penulisan naskah adalah dasar ilmu jurnalisme dari situ agan bisa kembangin lagi ke media lainnya deh, bila agan/sista udah mengenal apalagi menguasai penulisan naskah terlebih dahulu, bidang lainnya akan lebih mudah di kuasai dan pahami (menurut ane ya gan, dari pengalaman pribadi dan masukan teman). ingat gan/sista industri media semakin berkembang di indonesia dan peluang bekerja semakin besar.

5. Musisi (composer)
 
Jurusan yang satu ini gan/sis emang butuh passion tersendiri dari kecil dan dukungan orang tua yang mensupport 100% (materi dan moral), dan kalo emang bakat dan dukungan udah ada sayang juga kalo gak di asah biar lebih profesional nantinya, kuliah itu kan cuma 20% aja yang kepake buat kerja nanti (contoh: disiplin waktu, dan peraturan), 80% kemana ?? sisanya itu gan/sis adalah link pertemanan dan pertukaran informasi, yang sangat dibutuhkan sesudah lulus nanti. Nah tipe jurusan kaya gini cocok banget deh buat agan/sista yang punya passion dimusic dan memiliki kesenangan buat menjalin banyak teman.

4. Seni peran/Modeling/Theater

Pilih jurusan seperti ini memang harus memiliki link dan passion tersendiri, dan kayanya pilihan alternatif ini untuk masa sekarang cukup menjanjikan, soalnya kenapa contoh cherrybell ini, pertama pasti mereka suka dan bergelut di dunia modeling terus ada produser yang melihat peluang pasar industri hiburan yang bisa dibilang sedikit rumit tapi sangat menjanjikan, lihat sekarang, dari model mereka jadi penyanyi setelah nyanyi main sinetron terus film. Kalo di indonesia (menurut ane ya !) artis itu kalo gak cantik/ganteng ya ancur/lucu sekalian yang bakal naik daun, beda kalo di luar negeri butuh keterampilan dan kemampuan yang unik untuk bisa menanjak, (di Usa dan jepang aja cewek cantik dan cowok ganteng cuma jadi pelayan/ bahayanya jadi bintang film bokep) di indonesia sangat berbeda, kembali lagi semua terserah agan/sista mau pilih sekolah di bidang apa.

3. Perfilman

Jurusan ini memang terbilang butuh dana yang tidak kecil dan butuh kuliah di universitas terkemuka (IKJ, ISI) kalo kuliahan yang nanggung mending gak usah deh, karena sulit juga buat cari kerja nantinya, di jurusan ini agan/sista bisa fokus pada satu bidang contoh: kameramen, penata cahaya, penata audio, editor, sutradara, make up artis, dop (director of photografi), dan penulis naskah.

2. Periklanan/Advertising (komunikasi)

Ada salah satu universitas yang cukup bagus yaitu ITKP school of advertising (kata abang ane yang memang salah satu alumnus). periklanan di bagi beberapa job desk juga gan/sis Contoh: copy writter, desain grafis, AE, dan masih banyak lagi gan. Kerja di iklan butuh pemikiran kreatif dengan solusi yang out of the box, badan yang fit (karena sering lembur), pokoknya butuh passion yang cukup besar deh bukan mengejar duit semata tapi kerja di agency periklanan emang harus sangat menyukai pekerjaan ini biar gak stress di kejar deadline.

1. Perkapalan

Informasi nomor satu adalah sekolah perkapalan kalo lulus sudah pasti langsung kerja, kalo emang agan/sista mau kerja pasti banyak lowongan deh, sedikit informasi sekolah perkapalan memang cukup mahal tapi kalo gan/sis gak masalah dengan materi terus sehat jasmani dan rohaninya kenapa gak di coba, info terakhir yang ane kasih gaji para pelaut itu di bayar pake dollar gan pemula aja bisa ngantongin sekitar 3 juta rupiah (padahal baru lulus lho).

Sekian info yang sangat tidak penting dari ane . terakhir adalah semua tergantung passion dan kemauan agan/sista ingin melanjutkan sekolah kemana. ingat bro hidup itu pilihan jadi jangan golput !!! hohoho..... thank ya yang sudah mau membaca postingan gak penting ini. kalo ada waktu dan kesempatan agan/sista di perkenankan untuk melapor (maksudnya komentar)..


2 komentar:

Mengenal Penyakit pada Lele mengatakan...

info yang sangat menarik
sangat menhibur sekali
terimakasih

Anonim mengatakan...

Iam script writer lulusan teater ISI dan aku bahagia .. :D tp kalo soal cari bini kalah saingan sm PNS :P mulut mereka manis sekali berbuih kata kata dusta!! Jahanam!!